Membaca, menulis, dan berhitung merupakan kemampuan dasar yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Berbagai kegiatan akan menjadi jauh lebih mudah apabila kita menguasai kemampuan dasar ini. Oleh karena itu, mendidik anak agar dapat balistung merupakan hal yang penting.

Kali ini kami akan memberikan metode balistung sederhana yang telah terbukti efektif dan efisien agar anak dapat balistung. Para orang tua dapat membantu peran guru di sekolah dengan menggunakan metode balistung ini.

Metode Membaca dan Menulis

Anak memiliki kemampuan luar biasa untuk meniru. Allah swt. menjadikan organ telinga sebagai panca indra yang berfungsi pertama kali bahkan ketika bayi masih berada dalam kandungan. Kemampuan mendengar yang baik menjadi syarat kita dapat berkomunikasi dengan baik.

Namun berbeda dengan kemampuan membaca, membaca menggunakan indra penglihatan, kemampuan mengenal, dan kemampuan mengingat yang baik. Untuk anak-anak yang memiliki kecerdasan tinggi hal ini tidak masalah sama sekali. Tetapi pada banyak kasus, beberapa anak kesulitan membaca karena memiliki kekurangan kemampuan untuk mengenal huruf & kurangnya kemampuan untuk mengingat. Maka mencari dan menggunakan metode yang sederhana untuk membaca menjadi keharusan.

Nah, di bimbel The King kami menggunakan metode yang sama dengan belajar IQRA’ yang terbukti menjadikan siswa-siswi kami dapat membaca dengan baik. Metode ini bisa diterapkan di sekolah, di rumah, atau di tempat bimbel lainnya.

Contoh: Alfabet

Pengenalan Huruf

Nyanyian akan membantu menghafal tapi tidak membantu mengenal. Banyak siswa-siswi yang hafal lagu abc tapi ketika ditanya tidak tahu mana huruf yang dimaksud.

A a B b C c D d E e F f G g
H h I i J j K k L l M m N n
O o P p Q q R r S s T t U u
V v W w X x Y y Z z

Mengenalkan huruf secara bertahap, huruf kapital (besar) maupun huruf kecil. Pembimbing (guru / ortu) dapat menggunakan alat bantu alfabet mainan yang terbuat dari plastik.

A = a

B = b

C = c

Bacalah seperti ketika mengaji IQRA’! Pembimbing cukup memberi contoh pada bagian atas bahkan tidak perlu jika siswa sudah mengetahui.

Ba = ba

#

Ca = ca

#

ba ba ca ca
ba baba baba baca baca
ba baba baba baca baca
ca caba caba caca caca
ca caba caba caca caca

Setelah lancar membaca ba dan ca, tambahkan da.

Ba = ba

Ca = ca

Da = da

Siswa sering keliru antara ba dan da, jelaskan dengan perlahan dan kasih sayang. Gunakan kata yang mudah diingat anak. Misalnya ba perutnya di belakang, da perutnya di depan.

#

ba ca da
ba baba baca bada
ca caba caca cada
da daba daca dada

Selesai membaca, minta siswa untuk menuliskan kata-kata yang telah dibacanya. Ingat, jangan terlalu banyak!

Baba Caca Dada
Baca Cada Daba

Anak-anak sangat mudah jenuh dan lelah. Selingilah kegiatan belajar dengan bernyanyi, menggambar, mewarnai, olahraga ringan, permainan tebak-tebakan, obrolan santai, ajak bercerita, menyusun pazel, dan aktifitas selingan lainnya. Silakan lakukan sekreatif mungkin. Bagi yang ingin mencoba metode tersebut bisa membuat sendiri atau jika tidak sempat silakan download pada link yang kami sediakan. Boleh diedit untuk membantu mencerdaskan anak bangsa.

Download:

About Habib

Mencoba menelaah dengan hati, mendengarkan untuk dapat menyampaikan, menulis untuk berbagi, dan menyuarakan kebenaran.

One response »

  1. […] sebelumnya kami memposting Cara Mudah Membaca, Menulis, dan Berhitung (BALISTUNG) Kali ini kami akan memberika buku lanjutan Balistung Book 1 yaitu Balistung Book […]

Leave a comment